Jumat, 02 Juli 2010

BAB Thaharah (bersuci) tentang mandi dan hukum junub

Dari Aisyah radhiallahu 'anha dia berkata: Kebiasaan Rasulullah Shallallahu ’alaihi wasallam jika beliau mandi junub adalah: Beliau memulainya dengan mencuci kedua tangan beliau, kemudian beliau menuangkan air dengan tangan kanan ke atas tangan kiri lalu mencuci kemaluannya, kemudian beliau berwudhu seperti wudhu untuk shalat, kemudian beliau ... See Moremengambil air lalu memasukkan jari-jemarinya ke semua pangkal rambut. Sampai setelah beliau memandang bahwa airnya sudah merata mengenai semua rambut beliau, beliau lalu menyiram kepalanyasebanyak tiga kali tuangan, kemudian beliau mencuci seluruh tubuh beliau, kemudian akhirnya mencuci kedua kaki beliau. (Muttafaq Alaihi )

Dari Maimunah bintu Al-Harits radhiallahu 'anha dia berkata:
Aku pernah membawa air mandi untuk junub kepada Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam. Lalu beliau memulai dengan membasuh dua telapak tangannya sebanyak dua atau tiga kali. Kemudian beliau memasukkantangannya ke dalam wadah berisi air, lalu menuangkan air tersebut pada kemaluan beliau, dan beliau mencucinya (kemaluan) dengan tangan kiri. Setelah itu, beliau menggosokkan tangan kiri ke tanah dengan gosokan yang kuat. Kemudian beliau berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat. Kemudian beliau menuangkan air ke kepala beliau sebanyak tiga kali sepenuh telapak tangan, lalu beliau mencuci seluruh tubuhnya. Kemudian beliau bergerak mundur dari tempat beliau berdiri, lalu beliau mencuci kedua kakinya. Kemudian aku mengambilkan handuk untuk beliau, tetapi beliau menolaknya.” (HR. Al-Bukhari no. 259 dan Muslim no. 723)
Kalimat [berwudhu sebagaimana wudhu untuk shalat].

Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu berkata bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Apabila seseorang di antara kamu mendatangi istrinya (bersetubuh) kemudian ingin mengulanginya lagi maka hendaklah ia berwudlu antara keduanya." Hadits riwayat Muslim.

Hakim menambahkan: "Karena wudlu itu memberikan semangat untuk mengulanginya lagi."

Dari Abu Said Al-Khudry Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Mandi hari Jum'at itu wajib bagi setiap orang yang telah bermimpi (baligh.)" (Riwayat Imam Tujuh.)

mandi hari jum'at maksudnya mandi untuk ibadah jum'at, dan "wajib" disini berarti sangat dianjurkan, bukan "wajib" yang jika ditinggalkan berdosa,
Dari Samurah Ibnu Jundab Radliyallaahu 'anhu bahwa Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam bersabda: "Barangsiapa yang berwudlu pada hari Jum'at berarti telah menjalankan sunnah dan sudah baik, dan barangsiapa yang mandi maka itu lebih utama." Riwayat Imam Tujuh dan dinilai hasan oleh Tirmidzi.

WAllahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar